Sunday 26 May 2013

KARIKATUR Michael Jackson

Karikatur Michael Jackson by Herdha Potter
Karikatur Michael Jackson by Herdha Potter
Michael Joseph Jackson (29 Agustus 1958 - 25 Juni 2009) adalah seorang penyanyi Amerika-penulis lagu, entertainer, penari, arranger, produser musik, koreografer, aktor, pengusaha, musisi, dan dermawan. Sering disebut sebagai "King of Pop", atau dengan inisial namanya MJ,  Jackson diakui sebagai penghibur paling sukses sepanjang masa oleh Guinness World Records. Kontribusinya terhadap musik, tari, dan fashion, bersama dengan kehidupan pribadinya dipublikasikan, membuatnya menjadi tokoh global dalam budaya populer selama lebih dari empat dekade.

Anak kedelapan dari keluarga Jackson, ia memulai debutnya di kancah musik profesional bersama dengan saudara-saudaranya sebagai anggota The Jackson 5 pada tahun 1964, dan memulai karir solonya pada tahun 1971. Pada awal 1980-an, Jackson menjadi tokoh dominan dalam musik populer. Video musik untuk lagu-lagunya, termasuk dari "Beat It", "Billie Jean", dan "Thriller," telah dikreditkan dengan mogok hambatan rasial dan mengubah media menjadi suatu bentuk seni dan alat promosi. Popularitas video ini membantu untuk membawa lalu relatif televisi baru channel MTV untuk ketenaran. Dengan video seperti "Black or White" dan "Scream" ia terus berinovasi media sepanjang 1990-an, serta menempa reputasi sebagai artis solo touring. Melalui panggung dan video yang pertunjukan, Jackson mempopulerkan sejumlah teknik tari yang rumit, seperti robot, dan moonwalk, yang ia memberi nama. Suara khas dan gaya telah mempengaruhi banyak hip hop, pasca-disko, R & B kontemporer, pop, dan artis rock.

Jackson 1982 album Thriller adalah album terlaris sepanjang masa. Catatan lain, termasuk Off the Wall (1979), Bad (1987), Dangerous (1991), dan HIStory (1995), juga peringkat dunia terlaris. Jackson adalah salah satu dari beberapa seniman telah dilantik ke dalam "Rock and Roll Hall of Fame "dua kali. Dia juga termasuk ke dalam "Hall of Fame Dance " sebagai yang pertama dan satu-satunya penari dari musik pop dan rock. Beberapa prestasi yang lain termasuk beberapa Guinness World Records, 13 Grammy Awards serta Grammy Legend Award dan Grammy Lifetime Achievement Award, 26 American Music Awards, lebih dari seniman lain, termasuk "Artist of the Century" dan "Artis tahun 1980-an ", 13 single nomor satu di Amerika Serikat dalam karir solonya, lebih dari seniman laki-laki lainnya dalam Hot 100 era, dan perkiraan penjualan lebih dari 400 juta album di seluruh dunia.  Jackson memenangkan ratusan penghargaan, yang membuatnya menjadi artis rekaman paling diberikan dalam sejarah musik populer. Dalam apa yang akan menjadi ulang tahun ke-52 Jackson pada tanggal 29 Agustus 2010, ia menjadi artis paling download sepanjang masa. Jackson terus berkeliling dunia menghadiri acara menghormati kemanusiaan dan 2000 Guinness Book of Records mengenalinya untuk mendukung 39 badan amal. 

Aspek kehidupan pribadi Jackson, termasuk penampilannya berubah, hubungan pribadi, dan perilaku, menimbulkan kontroversi. Pada pertengahan 1990-an, ia dituduh pelecehan seksual anak, tetapi kasus itu diselesaikan di luar pengadilan untuk sekitar $ 25 juta dan $ 2 juta dan tidak ada tuduhan resmi dibawa. Pada tahun 2005, ia diadili dan dibebaskan dari tahanan terhadap tuduhan penyalahgunaan seksual dan beberapa biaya lainnya setelah hakim menemukan dia tidak bersalah.

Sambil mempersiapkan rangkaian konser berjudul This Is It, Jackson meninggal karena keracunan propofol akut dan benzodiazepine pada tanggal 25 Juni 2009, setelah menderita serangan jantung. The Los Angeles County Coroner memerintah kematiannya pembunuhan, dan dokter pribadinya didakwa pembunuhan disengaja. Kematian Jackson memicu curahan global kesedihan dan siaran langsung upacara peringatan publik dilihat di seluruh dunia.  Pada bulan Maret 2010, Sony Music Entertainment dan Jackson estate menandatangani kontrak musik terbesar yang pernah, dengan kesepakatan $ 250 juta untuk mempertahankan distribusi hak untuk rekaman nya hingga 2017, dan meluncurkan tujuh album anumerta lebih dari satu dekade setelah kematiannya.

0 comments:

Post a Comment